Rabu, 21 Oktober 2009

HOLLY LAND/TANAH SUCI


Tanah Suci berada di ujung Timur dari kawasan Mediterania, yang berbatasan dengan Libanon dibagian Utara, Syiria dan Yordania dibagian timur dan dibagian Selatan Gurun Sinai, dengan luas hanya sebesar 14.000 mil2, Selama ribuan tahun peziarah datang ke sini untuk bertemu dengan Tuhan karena dipercaya tTanah Suci Kota Yerusalem dipercaya sebagai pintu gerbang menuju surga. Belum pernah tercatat dalam sejarah satu kota suci pun yang lebih lama dihormati secara terus menerus oleh dunia. Tak ada satu kota pun yang mendapatkan perhatian dari dunia sedemikian besarnya. Seperti tercantum dalam nyanyian ziarah Daud : “Aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku. Mari kita pergi ke rumah Tuhan. Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Jerusalem. Hai Jerusalem, yang telah didirikan sebagai kota yang bersambung rapat ke mana suku - suku berziarah, yakni suku-suku Tuhan, untuk bersyukur kepada nama Tuhan sesuai dengan peraturan bagi Israel “ (Mazmur 122 : 1-4).

Pada zaman kuno kawasan ini dilalui oleh jalur paling penting dalam komunikasi yang menghubungkan Mesir dengan Syiria dan Mesopotamia. Pada zaman modern, menjadi kawasan yang tidak pernah tenang dikarenakan sebagai tanah kelahiran dari tiga kepercayaan besar monotheisme dan merupakan bagian dari Timur Tengah, yang adalah jembatan bagi tiga benua. Kawasan ini adalah tempat dimana terdapat sisa-sisa dari peradaban paling kuno dunia, suatu kawasan dimana sepanjang sejarahnya merupakan pertemuan antara Timur dan Barat, tanah tempat para nabi dan Kristus, yang mana dengan ajaran dan hukum abadi, mengarahkan tindakan kemanusiaan berdasarkan keadilan dan hukum dengan melahirkan tiga kepercayaan monotheisme yakni Yahudi, Kristen dan Islam. Bagi kaum Yahudi ini adalah tanah perjanjian yang terdapat dalam Kitab Suci dan kejayaan masa lampau mereka, bagi kaum Kristen, ini adalah tanah dimana Kristus hidup dan menderita, tanah yang mendengar kata-kataNya yang agung dan menyaksikan segala perbuatanNya yang ajaib; bagi kaum Islam ini adalah tanah dimana Nabi Muhamad SAW terangkat ke Surga. Dari saat paling kuno sampai saat ini peziarah datang dari segala penjuru dengan kelelahan yang menyiksa, ketidaknyamanan, menghadapi segala risiko, untuk melihat tanah dengan sejarah dan kepercayaan yang luar biasa, tanah yang mereka kenal sejak masa kecil. Kawasan yang melahirkan kepercayaan dan kasih ini juga merupakan kawasan yang melahirkan peperangan, pertumpahan darah dan kesengsaraan. Sejak zaman kuno dan sampai sekarang ini perang diikuti oleh perang lain, kerusuhan diikuti dengan kerusuhan lain, memenuhi tanah suci dengan darah manusia. Tidak ada negara di dunia yang memiliki sejarah lebih dramatis dari Tanah Suci.

SEJARAH SINGKAT :

v Tanah Suci dikenal ketika Abraham dari tanah Ur Mesopotamia berangkat menuju Kanaan sekitar tahun 1950 Sebelum Masehi (SM).

v Tahun 1250 SM, Josua menyebrang sungai Yordan, menguasai tanah Kanaan dan membaginya kepada dua belas suku.

v Tahun 1200 SM, Kaum Filistin dari Kreta menduduki kawasan tersebut, dan tanah Kanaan diberi nama sesuai dengan nama mereka “Palestina”.

v Tahun 1025 SM, Saul dinobatkan menjadi Raja Israel yang pertama.

v Tahun 1004 -962 SM, Daud diangkat sebagai Raja Israel kedua.

v Tahun 965 – 922 SM, Salomo diangkat dan mendirikan Bait Allah.

v Tahun 1953 – 930 SM, Israel terbagi dua menjadi Israel dan Yudea.

v Tahun 721 SM, Bangsa Asyur menguasai Samaria dan membawa kesepuluh suku dari Kerajaan Utara ke pengasingan, sekaligus mengakhiri Kerajaan Israel.

v Tahun 587 SM Nebukadnezar menghancurkan Yerusalem dan Bait Allah dan membawa suku Yehuda ke pengasingan di Babilon.

v Tahun 539 SM Cyrus menjajah Babilon dan membolehkan kaum Yahudi untuk kembali ke Yerusalem. Bait Allah dibangun kembali oleh Zerubabel.

v Tahun 334 SM, Alexander yang Agung menjajah Palestina dan sampai dia meninggal kawasan tersebut dibawah kekuasaan Ptolemy dari Mesir.

v Tahun 198 SM, Antiochus ke III dari Syiria mengalahkan Mesir dan Palestina dalam kekuasaan Seleucid.

v Tahun 175 SM, Antiochus ke IV menjadi Raja. Ia mencemarkan persembahan kepada Yahwe dan menodai Bait Allah dengan mepersembahkan babi pada altar Bait Allah.

v Tahun 64 SM, Pompey menjajah Palestina.

v Tahun 40 SM, Bangsa Parthians mengejutkan bangsa Roma dengan serangan mendadak dan menguasai kawasan tersebut.

v Tahun 39 SM, Herodes yang Agung mengusir bangsa Parthians dan berkuasa sampai abad 4 SM.

v Tahu 4 – 1 SM, Tuhan Yesus lahir.

v Tahun 30 Masehi (M) Tuhan Yesus disalibkan.

v Tahun 66 M, Bangsa Yahudi memberontak dibawah pimpinan kaum Zealots.

v Tahun 70 M, Titus memberantas pemberontak Yahudi dan meluluhlantakan Yerusalem.

v Tahun 132 -135 M, Kaum Yahudi kembali memberontak untuk kedua kalinya dibawah pimpinan Bar Kokhba. Pemberontakan tersebut menjatuhkan Hadrian yang menghancurkan Yerusalem dan membangunnya kembali sebagai kota Romawi Aelia Capitolina.

v Tahun 330 – 634 M, Palestina beralih dibawah kekuasaan Bynzantium. Setelah konversi Konstantin, kekristenan menyebar secara luas. Banyak gereja didirikan.

v Tahun 614 M, Bangsa Persia menguasai Palestina, Ribuan umat Kristen dibunuh dan ratusan gereja dihancurkan.

v Tahun 636 M, Kaum Muslim menguasai Palestina dan menjadikannya kota suci yang ketiga.

v Tahun 1009 Fatimid Khalif Hakem menghancurkan Gereja Makam Suci serta bangunan Kristen lainnya yang menyulut perang dan dendam antar Timur dan Barat dalam Perang Salib selama 200 tahun.

v Tahun 1099 M, Yerusalem dikuasai oleh Ksatria Perang Salib dan Kerajaan Latin didirikan di Yerusalem.

v Tahun 1187 M, Saladin, Pangeran muslim dari Mesir, mengalahkan Ksatria Perang Salib di daerah Tanduk Hittin dan mengakhiri kekuasaan mereka atas Yerusalem.

v Tahun 1263 M, Mameluke, Sultan Beybars dari Mesir, menguasai daerah kekuasaan Ksatria Perang Salib yang tersisa dan menguasai kota-kota pesisir pantai selama 250 tahun.

v Tahun 1400 M, Bangsa Mongol dibawah wilayah Timur Tengah menguasai Palestina.

v Tahun 1517 M, Kekaiseran Ottoman dari Turky menguasai Palestina dan berkuasa disana selama 400 Tahun.

v Tahun 1917 M, Palestina beralih ke bawah kekuasaan sekutu pada Perang Dunia I dibawah pimpinan Jendral Allenby. Pada tahun inilah dikeluarkan Deklarasi Balfour yang menyatakan Palestina sebagai tanah air bangsa Yahudi.

v Tahun 1922 Mandat atas Palestina oleh Inggris disetujui oleh Liga Bangsa-Bangsa.

v Tahun 1947 PBB mengadopsi rencana pemisahan Palestina antara Israel dan Yordania.

v Tahun 1948 Mandat Inggris berakhir dan pada tanggal 14 Mei 1948 Perwakilan Yahudi Nasional mendirikan negara Israel. Peperangan antar Yahudi dan bangsa Arab dimulai.

v Tahun 1948, Perang berakhir dan gencatan senjata ditandatangani antara Israel, Mesir, Syria, Yordania dan Libanon. Palestina dibagi antara Israel dan Yordania.

v Tahun 1967 tanggal 5 Juni, terjadi pecah perang antara bangsa Arab dan Israel. Perang tersebut berakhir setelah 6 hari dan Israel menguasai Jazirah Sinai, Dataran Tinggi Golan dan Tepi Barat sungai Yordan.

v Tahun 1973 tanggal 6 Oktober, kembali pecah perang antara bangsa Arab dan Israel. Setelah 16 hari bertempur diakhiri dengan gencatan senjata. Kita sama-sama berharap damai akan lahir nanti; bangsa Yahudi dan Arab yang sebelumnya hidup damai berabad-abad akan mencapai perdamaian setelah dendam selama berpuluh tahun dan akan bekerjasama kembali untuk kemakmuran dan masa depan kawasan ini.

v Tahun 1979, Presiden Mesir, Anwar Sadat berkunjung ke Israel dan diikuti dengan penandatanganan perdamaian antar keduanya dan akhirnya Pegunungan Sinai dikembalikan kepada Mesir.

*). Sumber : buku “Jerusalem” by Sami Awwad dan literatur lain yg mendukung